PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : IV
(Empat) / II (Dua)
|
Kompetensi Dasar/Indikator
|
Materi Pokok
|
jp
|
Penyebaran Jam
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
|||||||
|
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan
dan mendeskripsikan
pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari – hari
3.4.1 Siswa mampu
mengidentifikasi bentuk – bentuk energi yang ada disekitar melalui pengamatan
dengan tepat
3.4.2 Siswa mampu menjelaskan
manfaat energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari melalui
diskusi kelas dengan baik
|
|
10 jp
5 jp
5 jp
|
3
|
2
1
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UJ
IAN KENAIKAN KELAS
|
L
I
BUR S
EME
S
T
E
R GENAP
|
LIBUR SEMESTER GENAP
|
||||||
|
3.5 Memahami sifat-sifat
bunyi melalui pengamatan dan
keterkaitannya dengan
indera pendengaran
3.5.1
Melalui pengalaman siswa mampu menyebutkan sifat – sifat bunyi yang ada
di sekitar dengan baik dan benar
3.5.2
Melalui pengamatan siswa mampu mengidentifikasi sifat – sifat bunyi
yangada di lingkungan dengan baik dan tepat
ULANGAN HARIAN I
3.5.3
Melalui pengalaman siswa mampu mengidentifikasi hubungan antara sifat –
sifat bunyi dengan indera pendengaran secara baik dan benar
|
|
12 jp
4 jp
4 jp
3 jp
4 jp
|
|
|
|
2
|
2
1
|
3
|
3
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
3.6
Memahami sifat – sifat cahaya
melalui pengamatan dan
mendeskripsikan
penerapannya dalam kehidupan sehari – hari
3.6.1
Siswa mampu menyebutkan sifat – sifat cahaya melalui pengalaman dengan
baik dan benar
3.6.2
Siswa mampu mengetahui kegunaan cahaya melalui percobaan dengan baik dan
benar
REMIDIAL
3.6.3
Siswa mampu mengetahui pemanfaatan cahaya dalam kehidupan sehari – hari
melalui percobaan dengan benar
|
|
14 jp
4 jp
4 jp
3 jp
6 jp
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
1
|
3
|
UTS
|
3
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
3.7
Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,
teknologi, dan masyarakat
3.7.1
Melalui diskusi siswa mampu menjelaskan SDA yang ada di lingkungan
sekitar dengan baik dan benar
3.7.2
Siswa mampu menjelaskan hubungan antara SDA dengan teknologi melalui
diskusi dengan baik dan benar
ULANGAN HARIAN II
3.7.3
Siswa mampu menyebutkan manfaat SDA dan teknologiyang digunakan dalam
kehidupan sehari – hari melalui pengalaman dengan baik dan benar
|
|
15 jp
4 jp
5 jp
3 jp
6 jp
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
1
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
|||||||||
|
CADANGAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
||||||
Standar Kompetensi : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas
………………………….. ……………………………
NIP
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar