Minggu, 22 Juni 2014

Asesmen Pembelajaran



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

            Kita telah mempelajari bahwa proses asesmen tidak bisa dipisahkan dengan proses pembelajaran. Bahkan proses asesmen itu sendiri harus sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga hasil akhir dari asesmen akan mendorongan lahirnya berbagai keputusan dan kebijakan yang akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu kita sebagai calon guru(pendidik) harus benar-benar memahami sejumlah langkah pokok yang harus kita lakukan agar tujuan dilakukannya asesmen bisa tercapai.


1.2  TUJUAN

             Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu memberikan pemahaman kepada mahasiswa sebagai calon-calon tenaga pendidik tentang assessment pembelajaran SD terutama tentang langkah-langkah pokok assessment pembelajaran dan untuk memenuhi tugas makalah .


1.3  RUMUSAN MASALAH

       1.sebutkan apa saja  langkah-langkah pokok assessment pembelajaran ?
       2.sebutkan beberapa prinsip dalam menentukan prosedur asesmen ?




BAB II
PEMBAHASAN

2.1  LANGKAH-LANGKAH POKOK DALAM ASESMEN PEMBELAJARAN
      Menurut Anderson (2003) dan dan Sudijono (2005), secara garis besar terdapat 7 (tujuh) langkah pokok asesmen pembelajaran sebagai berikut:
v  Pertama: Menyusun Rencana Asesmen atau Evaluasi Hasil Belajar
       Dalam merencanakan asesmen atau evaluasi hasil belajar, perlu melakukan setidaknya enam hal, yaitu:
(a)   Merumuskan tujuan dilakukannya asesmen atau evaluasi, termasuk merumuskan tujuan terpenting dari diadakannya asesmen, hal ini perlu dilakukan agar arah proses asesmen jelas
(b)   Menetapkan aspek-aspek yang akan dinilai, apakah aspek kognitif, afektif, atau psikomotor.
(c)   Memilih dan menentukan teknik yang akan digunakan, bisa menentukan apakah akan menggunakan teknik tes ataukah non tes? disamping itu masih harus menentukan mana yang akan digunakan dengan memperhatikan ciri-ciri dari masing-masing teknik serta memahami beberapa kelebihan dan kekurangannya.
(d)  Menyusun instrumen yang akan dipergunakan untuk menilai proses dan hasil belajar para peserta didik. Sejumlah instrumen yang mungkin digunakan adalah butir-butir soal tes (test item), daftar cek (check list), rating scale, panduan wawancara, dan lain-lain.
      Dalam memilih instrumen yang akan digunakan, harus menyesuaikan dengan satu atau lebih tujuan yang telah ditentukan. Termasuk di dalam langkah ini adalah membuat petunjuk yang akan dicantumkan pada lembar asesmen, yang meliputi:
-   tujuan diadakannya asesmen.
-   waktu yang disediakan untuk menyelesaikan.
-   dasar yang digunakan untuk memberikan jawaban (misalnya memilih jawaban yang benar ataukah yang terbaik?).
-   prosedur menulis jawaban (tanda silang, melingkari, dsb.).
-   akibat yang diterima jika guessing (menebak).
(e)   Menentukan metode penskoran jawaban siswa.
Dengan kata lain harus memutuskan tolok ukur, norma atau kriteria yang akan dijadikan pegangan atau patokan dalam menginterpretasi data hasil evaluasi.
Misalnya saja, apakah akan menggunakan Penilaian Beracuan Patokan (PAP) ataukah menggunakan Penilaian Beracuan Kelompok atau Norma (PAN).
(f)    Menentukan frekuensi dan durasi kegiatan asesmen atau evaluasi (kapan, berapa kali, dan berapa lama).
(g)   Mereviu tugas-tugas asesmen
Setelah menyusun tugas asesmen, seyogyanya meminta bantuan pihak lain untuk mencermatinya sebelum mencantumkannya pada instrumen asesmen. Dengan meminta bantuan pihak lain, akan mengetahui apakah kalimat yang dibuat bisa dipahami orang lain, apakah struktur kalimat yang kita gunakan sudah tepat, apakah tidak terjadi pengulangan, dan seterusnya.
v  Kedua: Menghimpun Data
      Dalam kegiatan ini  sebagai guru bisa memilih teknik tes dengan menggunakan tes atau memilih teknik non tes dengan melakukan pengamatan, wawancara atau angket dengan menggunakan instrumen-instrumen tertentu berupa rating scale, check list, interview guide atau angket. Ketika melakukan asesmen prestasi peserta didik, para guru harus memahami situasi dan kondisi lingkungan fisik dan psikologis.Lingkungan fisik harus tenang dan nyaman. Selama proses asesmen berlangsung, guru juga harus memonitor jalannya asesmen dan membantu agar semuanya berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
v  Ketiga: Melakukan Verifikasi Data
      Verifikasi data perlu dilakukan agar kita dapat memisahkan data yang “baik” (yakni data yang akan memperjelas gambaran mengenai peserta didik yang sedang dievaluasi) dari data yang “kurang baik” (yaitu data yang akan mengaburkan gambaran mengenai peserta didik)
v  Keempat: Mengolah dan Menganalisis Data
Tujuan dari langkah ini adalah memberikan makna terhadap data yang telah dihimpun. Agar data yang terhimpun tersebut bisa dimaknai, kita bisa menggunakan teknik statistik dan/atau teknik non statistik, berdasarkan pada mempertimbangkan jenis data.
v  Kelima: Melakukan Penafsiran atau Interpretasi dan Menarik Kesimpulan
Kegiatan ini pada dasarnya merupakan proses verbalisasi terhadap makna yang terkandung pada data yang telah diolah dan dianalisis sehingga menghasilkan sejumlah kesimpulan. Kesimpulan-kesimpulan yang dibuat tentu saja harus mengacu pada sejumlah tujuan yang telah ditentukan di awal.
v  Keenam: Menyimpan Instrumen Asesmen dan Hasil Asesmen
Langkah keenam ini memang perlu disampaikan di sini untuk mengingatkan para guru, sebab dengan demikian mereka dapat menghemat sebagian waktunya untuk ha-hal yang lebih baik. Dengan disimpannya instrument,ringkasan,dan jawaban siswa berguna untuk memperbaiki instrument tes pada tahun berikutnya.
v  Ketujuh: Menindaklanjuti Hasil Evaluasi
Berdasarkan data yang telah dihimpun, diolah, dianalisis, dan disimpulkan maka sebagai guru atau evaluator bisa mengambil keputusan atau merumuskan kebijakan sebagai tindak lanjut konkret dari kegiatan penilaian.Dengan demikian, seluruh kegiatan penilaian yang telah dilakukan akan membawa banyak manfaat karena terjadi berbagai perubahan dan atau perbaikan.
      BSNP Dep Dik Nas (2006) menyatakan bahwa dalam prosedur penilaian, guru seharusnya menggunakan langkah-langkah sistematis sebagai berikut.
a.      Perumusan Indikator Pencapaian Hasil Belajar
       Rumusan indikator pencapaian tidak ada di dalam standar isi (SI). Oleh karena itu, pada saat mengembangkan silabus yang akan ditindaklanjuti dengan kegiatan penilaian, guru diharuskan merumuskan indikator pencapaian keberhasilan penguasaan kompetensi dasar (KD) dengan kriteria:
-   sesuai tingkat perkembangan berpikir peserta didik;
-   berkaitan dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD);
memperhatikan aspek manfaat dalam kehidupan sehari-hari (life skills); harus dapat menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta didik secara utuh  (meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor);
-  memperhatikan sumber-sumber belajar yang relevan;
-  dapat diukur/dapat dikuantifikasikan/dapat diamati;
-       menggunakan kata kerja operasional.
q Indikator pada hakekatnya adalah ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar.Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, seperti: mengidentifikasi, membedakan, menghitung, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan.
b.      Penyusunan Kisi-kisi
Kisi-kisi penilaian adalah bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan perencanaan pembelajaran dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Di dalam silabus, harus jelas keterkaitan antara SK, KD, materi pokok/materi pembelajaran, alokasi waktu, sumber belajar di satu sisi, dengan indikator pencapaian KD yang bersangkutan beserta teknik penilaian dan bentuk instrumen yang digunakan.
§  Format kisi-kisi penilaian yang menyatu dengan silabus.
Ø  Contoh 1:
        Silabus Pembelajaran
Standar Kompetensi : ..........................................
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar








Ø  Contoh 2:
        Silabus Pembelajaran
Sekolah                       : ...............................
Mata Pelajaran            : ...............................
Kelas/Semester           : ................................
Standar Kompetensi : .........................................
      
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen








      
§  Format kisi-kisi penilaian yang menyatu dengan RPP
Ø  Contoh 3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
                 Sekolah : ..................................
                 Mata Pelajaran : ..............................
                 Kelas/Semester : .............................
                 Alokasi Waktu : … jam pelajaran (.xpertemuan)
                 A. SK: ...............................................................................
                 B. KD: ................................................................................
                 C. Materi Pembelajaran : ..................................
                 D. Model/Metode Pembelajaran : ...............................

                 E. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
                        Pertemuan 1: .............................................
                        Pertemuan 2: ............................................. dst.
                 F. Sumber Belajar
                 G. Penilaian
                    
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen






2.2  BEBERAPA PRINSIP DALAM MENENTUKAN PROSEDUR ASESMEN
Jika ingin menghimpun informasi mengenai kemajuan belajar yang telah dicapai peserta didik,kita dihadapkan pada berbagai teknik baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Mengingat banyaknyastrategi, teknik, maupun prosedur yang ada,maka kita perlu mengetahui beberpa prinsip yang bisa dijadikan pedoman dalam memilih dan menggunakan asesmen pembelajaran secara bermakna, meliputi:
a.      Sasaran pembelajaran yang akan dinilai asesmen harus jelas.
     Pengetahuan, keterampilan/kecakapan, dan unjuk kerja yang akan dipelajari atau dilakukan peserta didik kadang-kadang disebut sebagai sasaran pembelajaran (learning targets) atau standar pembelajaran (learning standards). Semakin jelas sasaran pembelajaran yang akan kita capai, maka akan semakin baik pula proses pemilihan teknik asesmen yang tepat.
  1. Teknik-teknik asesmen yang Anda pilih harus benar-benar sesuai dengan masing-masing sasaran pembelajaran
       Apakah sebagai guru ingin menilai bagaimana siswa memecahkan masalah dalam pembelajaran bidang studi tertentu? Atau hendak menilai bagaimana siswa menyampaikan pendapatnya dan bagaimana menanggapi pendapat temannya di dalam sebuah diskusi?
Bila itu yang hendak dilakukan, berarti akan melakukan asesmen terhadap suatu proses. Hal tersebut harus dipertimbangkan ketika hendak melakukan proses asesmen, sehingga teknik asesmen yang dipilih bisa sepraktis dan seefisien mungkin, kendati aspek kepraktisan dan efisiensi tidak boleh menjadi pertimbangan utama dan mengalahkan aspek lainnya
       c. Teknik-teknik asesmen yang dipilih harus benar-benar memenuhi kebutuhan pembelajar
     Pemilihan alat asesmen yang tepat tidak hanya mampu membantu kita untuk memperoleh data atau informasi mengenai suatu proses dan hasil belajar, namun juga akan sangat bermakna bagi peserta didik. Alat asesmen yang tepat akan memberikan petunjuk kepada peserta didik sehingga sejak awal mereka bisa mengetahui berbagai kegiatan konkrit yang harus mereka lakukan di dalam proses pembelajaran.
     Teknik-teknik asesmen yang dipilih juga harus memberi kesempatan kepada pembelajar untuk menentukan secara khusus apa yang telah dicapainya dan apa yang harus mereka lakukan untuk memperbaiki unjuk kerja (performance) mereka. Oleh karena itu, kita  harus bisa memilih metode asesmen yang memungkinkan Anda dapat memberikan umpan balik yang bermakna terhadap pembelajar.

c.       Jika memungkinkan, untuk masing-masing sasaran pembelajaran harus digunakan                                                              berbagai indikator prestasi pembelajar
      Karena suatu format asesmen cenderung memberi penekanan hanya pada satu aspek dari sasaran pembelajaran yang kompleks, maka yang terjadi biasanya format asesmen tersebut tidak bisa menjangkau sasaran pembelajaran yang hendak dicapai secara utuh. Agar terjangkau semua kita menggunakan berbagai indikator.
d.      Ketika anda menginterpretasi atau melakukan penafsiran terhadap hasil asesmen, Anda harus mempertimbangkan kelemahan-kelemahannya
       Informasi yang diperoleh dari proses asesmen kadang memiliki kesalahan juga tidak kalah pentingnya adalah sejumlah faktor seperti kondisi fisik dan emosi siswa juga membatasi tingkat akurasi informasi yang kita peroleh.Ketika membuat keputusan yang didasarkan pada informasi hasil asesmen, sejumlah kelemahan atau keterbatasan yang ada harus tetap diperhitungkan.
q  karakteristik yang harus dimiliki prosedur asesmen dan penting untuk dipertimbangkan manakala kita hendak menentukan desain asesmen dan pemilihan prosedur asesmen yang tepat adalah:
-          sesuai dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan dan memberikan hasil yang berguna.
-          memiliki kualitas teknik yang baik, artinya secara statistik valid dan reliabel - komprehensif, mengukur seluruh skills yang terkait.
-          dipilih berdasarkan kebutuhan siswa secara individu. Asesmen yang tidak diperlukan harus dihindari.
-          efektif dan efisien (pelaksanaan, penskoran, dan interpretasi).
-          asesmen yang bersifat khusus dan lebih mendalam hanya dilakukan untuk permasalahan yang telah teridentifikasi.
-          mencakup asesmen tentang dimensi utama: siswa, tugas belajar, dan lingkungan belajar.
-           mengukur seberapa jauh siswa mengetahui dan bagaimana siswa mengerjakan tugas.
-          disusun dari yang umum ke yang khusus dan saling terkait.
-          prosedur tidak boleh membeda-bedakan atas dasar ras, jenis kelamin, bahasa, agama, dsb.









                

      

                
   
                

      
                
BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
            Umumnya guru menguji siswa agar dapat memperoleh skor yang diyakini mampu menunjukkan performa akademik siswa. Kebutuhan untuk memberikan penilaian terhadap siswa itulah yang menjadi pendorong utama bagi para guru untuk melakukan asesmen terhadap siswa. seorang pendidik menyusun dan menggunakan berbagai instrumen asesmen yang berfungsi untuk mengidentifikasi aspek-aspek kesulitan siswa.nah apabila langkah-langkah asesmen dan prosedur disusun dengan benar akan mengoperasionalkan sasaran pembelajaran secara konkrit dan benar. 
      

3.2  Saran
            Sehubungan dengan terselesainya hasil penulisan makalah ini.makalah ini masih belum sempurna dan perlu penyempurnaan.  penulis mengharap kritik dan saran dari pembaca dan menyarankan kepada para pembaca agar diadakan pengkajian lanjutan yang berjudul sama dengan makalah ini, agar ditemukan langkah-langkah pokok assessment pembelajaran yang lebih baik.
















DAFTAR PUSTAKA

      Conner, Colin. (1991). Assesment and Testing in the Primary School. Hampshire: The Falmer Press.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar